Tuesday, January 29, 2013

3T (Tengwar Typing Tips)


by Kania Anggraeni a.k.a Niphredil

Suilad, Mellyn!
Setelah kemaren belajar Kejar Paket T (Tengwar, maksudnya, hehehe...), dan sekarang jadi tahu cara membaca dan menulis pake huruf Tengwar ciptaan mbah Tolkien kita tercinta, sekarang kita belajar cara ngetik pake huruf Tengwar di komputer, yuks! Ini ada beberapa tips, semoga bermanfaat:

1.      Belajar baca dulu, dooong!
Tentunya kalo mau bisa ngetik pake  huruf Tengwar, harus bisa dulu cara baca tulisnya. Link tentang cara membaca Tengwar-nya sudah tersedia kok, di MP kita, tinggal klik aja. Sekalian di-save dan print Tengwar chart-nya buat belajar baca sekaligus ntar berguna buat belajar ngetik. Soalnya kalo belum bisa baca, bakal blank, deh...

2.      Download font Tengwar-nya.
Font Tengwar-nya harus di download dulu, biar bisa diketik di komputer. Ini juga linknya udah ada di MP kita, tinggal di-klik and... Voila! Pilih font Tengwar Sindarin, biar gampang (maksudnya, karena kita kemaren belajar-nya kan pake Tengwar Sindarin yang tehta mode, gitu). Ntar kalo udah canggih mau pake Tengwar Cursive, kek, terserah. Eh, yg ini Bu Guru Niph pun belum pernah pake, hehehe...

3.      Posisi huruf Tengwar di keyboard.
Udah nge-down load font-nya, tinggal buka Word, misalnya, pilih Font Tengwar Sindarin, tinggal cetak cetuk keyboard, keluar deh, si Tengwar. Tapi... gimana kita tahunya Tengwa apa terletak di mana? Misalnya: kalo mau ngetik huruf Lambe (L), misalnya. Huruf apa yang kudu diketik?
Tenang, tenang, jangan panik, wanita dan anak2 dulu *lho?* Maksudnya, ada polanya kok.
-          Coba lihat keyboard, di urutan paling atas ada angka 1, 2, 3, dst, kan?
-          Sekarang lihat Tengwar chart masing2 (seperti contoh yang ada di sini, juga ada di buku dan "diktat Tengwar yang sudah di-download dari Link yang tersedia)di kolom paling kiri (dari atas ke bawah) ada Tengwar : Tinco, Ando, Sule, dst.
-          Naaah, sekarang tinggal sesuaikan aja menurut kolomnya: Misalnya, kalo mau ngetik tengwa/huruf Tinco (t)  tinggal pencet angka 1. Mau mencet tengwa Ando (D), pencet angka 2. Mau ngetik tengwa Malta (M), tinggal pencet huruf T di keyboard. Kalo mau ngetik tengwa Lambe (L, as in Legolas) pencet huruf apa di keyboard, hayooo...?
-          Btw, vowel carrier (buat tehta dan Quenya mode) posisinya ada di tombol (`), di sebelah angka 1. Kalo mau dijadiin long vowel carrier pencet aja Shift+ (`).

4.   Cara ngetik Tehta
Udah tau letak hurufnya, gimana nih, kalo mau pake Tehta? Kalo Beleriand mode mah, gak pake Tehta juga gak apa2, tapi kalo  mau pake Tehta mode ato Quenya mode kan kudu pake Tehta, tapi.... udah pencet sana sini kok, Tehta-nya gak ada?
Tenaaang, ada kok. Pencet shift aja. Misalnya nih, di bagian angka 1,2, 3, nah kita mulai dari angka 3.  Kita pencet Shift + (3) – maksudnya Shift dan angka  keluar deh, tehta buat A. Kalo buat tehta e , kita pencet Shift + (4). Shift + (5)= i, Shift + (6) = o, Shift + (7) = u. Posisi tehtar dibagian sini agak ke kiri, kalo mau dibikin agak ke kanan sedikit (ato ke tengah), pindah kebagian Q, W, E, R, dsb di keyboard mulai dari huruf E, jadi Shift + (e), gitu, dst. Mau lebih kanan lagi, ya, pindah ke bagian A, S, D, F, dst. Mulai dari D, dan seterusnya.
Khusus untuk tehta buat y (pronunciation nya antara e [as in pedang] dan u) yang berbentuk titik 2 di atas Tengwa, harus pake 2 baris berbeda. Misalnya pencet dulu Shift + (5) jadi satu titik, terus pencet lagi Shift + (t), jadi satu titik lagi. Kalo gak mau repot, klik aja Insert trus klik Symbol, tinggal pilih deh...

5.   Tanda baca lainnya
Sebetulnya tinggal mencoba Shift plus macem2 pencetan selain yang buat  Tehta. Tapi kalo gak mau repot (dan biasanya gue males nyarinya, lagipula gue gak  hafal, hehehe...) klik Insert trus klik Symbol aja. Di sana kita tinggal pilih macam2 tanda baca, mulai dari garis lurus di atas Tengwa yang buat nasal sounds: nt, nd, dll, sampe tanda wavy line yang buat menandakan konsonan dobel pada kata “mellon”. Tinggal pilih symbol yang kita butuh kan trus klik Insert. Beres.

Masih bingung? Emang sih, kalo ada peragaan lebih afdol. Makanya kalo ketemuan lagi kayaknya kudu ada yang rela bawa laptop, biar bisa lebih jelas. Sementara itu, coba2 aja dulu dari tips ini. Kalo bingung, silahkan tanya2, mudah2an Ibu Guru Niphredil bisa membantu. Kalo gak , ya... mari kita belajar sama2.

Hope you find the tips above helpful. Maaf kalo masih gak jelas, emang rada ribet, sih...

Niph

No comments:

Post a Comment