Tuesday, January 29, 2013

CONCERNING FELL BEAST

oleh Novia Stephani


Satu lagi dari ngobrol soal mitologi Middle-earth bareng Myth Lovers. Sorry kalo bolak-balik ngepost soal acara ini. Gara2 pertanyaan2nya seru banget jadi buka2 buku lagi dan nemu hal lucu2.

Misalnya soal fellbeast. Makhluk tunggangan Nazgul ini digambarin nggak berbulu dan punya rentang sayap gede banget. Tapi ini burung apa naga, ya? Di LOTR gak terlalu dijelasin, cuma dibilang fellbeast ini dibiakkan oleh Sauron dan dikasih makan daging nggak bagus. Tapi apa makhluk asalnya, nggak disebutin. Tolkien dalam suratnya membantah bahwa fellbeast ini burung purba pterodactyl, tapi memang bentuknya mirip.

Tapi kurangnya info ttg fellbeast ini mesti dimaklumin juga sih. Bagaimana pun sumber cerita LOTR ini kan Red Book of Westmarch yg ditulis Bilbo, Frodo dan Sam (dan diterjemahkan Tolkien :p). Sepanjang petualangan, mereka hanya hangout dengan good guys aja. Kalo pun sempat interaksi dengan bad guys-nya selalu dalam keadaan bermusuhan, saat diculik, disandera ato lagi berantem. Jadi bisa dimaklumin kalo kita tahu banyak soal elang raksasa, soal Beorn, soal sejarah ras kuda mearas, karena semuanya di sisi good guys.

Mungkin kalo ada Red Book of Westmarch Perjuangan versi Easterling ato Haradrim ato Mordor orc kita bisa tahu lebih banyak soal makhluk yg digunakan para bad guys. Misalnya gimana sejarahnya kok mumakil bisa segede itu, makannya berapa gerobak sehari dan pupupnya bisa dipake mupuk berapa hektar kebun? Ato fellbeast ini bertelur berapa sekali musim kawin, yg ngeramin induk jantan atau betina ato orc rekrutan, dsb.

No comments:

Post a Comment