Sunday, January 20, 2013

CONCERNING TOM BOMBADIL

oleh Novia Stephani


Sambil nunggu sampai Poppy sempat nulis ttg Tom Bombadil, ini sedikit ttg Tom dari The Letters of JRR Tolkien (Humphrey Carpenter, editor):

Tom Bombadil pertama kali dimuat di Oxford Magazine tahun 1933 (sebelum The Hobbit terbit) dalam bentuk puisi. Ketika diminta Allen & Unwin (penerbitnya) menulis sekuel untuk The Hobbit, Tolkien, yg sebetulnya lebih ingin Silmarillion diterbitkan, putar otak mencari cara menghubungkan The Hobbit dng mitologi besar dalam Silmarillion. Dia sempat mikir apa sekuel The Hobbit tokoh utamanya Tom Bombadil aja, yg dia deskripsikan sebagai "roh-nya Oxford dan Berkshire". Untungnya nggak kejadiaaaaannnn... Langsung horor ngebayangin LOTR penuh hey merry dol ding along dillo. Fiuh.

Dalam menjawab pertanyaan fansnya ttg Bombadil, Tolkien menjelaskan lebih lanjut bahwa:
  • Bombadil sengaja memang dibiarkan sebuah enigma ("And even in a mythical Age there must be some enigmas, as there alwats are. Tom Bombadil is one (intentionally)."--Letter #144 to Naomi Mitchison) 
  • Tom Bombadil bukan tokoh yg penting dlm jalan cerita LOTR, tapi mewakili sesuatu yg dirasa Tolkien penting, meski alasannya belum ditelaah. ("Tom Bombadil is not an important person--to the narrative...he is just an invention...[that] represents something that I feel important, though I would not be prepared to analyze the feeling precisely.") Apa mungkin karena ini Fran, Philippa dan PJ memutuskan menghilangkan Bombadil dr film? Hm. 
  • Tom Bombadil nggak perlu terlalu dibahas, dan perdebatan ttg dia nggak membantu juga. Dia dimasukkan ke dlm LOTR karena sudah jadi, meski terpisah dr LOTR, dan Tolkien mau ada petualangan melibatkan Bombadil. Bombadil dimasukkan ke dalam ceriata apa adanya karena ia mewakili hal2 yg mungkin terabaikan. Bagi Tolkien, Bombadil adalah perwujudan keingintahuan murni tentang alam, rasa penasaran tentang sejarah dan sifat sesuatu, semata2 karena sesuatu itu ada, meski tidak berkaitan dng si pemikir itu sendiri. Semangat seperti itu hadir sejalan dng logika, dan tidak dibebani keingin melakukan sesuatu dng pengetahuan itu. Tolkien mengibaratkannya seperti zoologi, yg murni mempelajari hewan semata2 karena penasaran, dan ilmu peternakan, yg mempelajari hewan untuk memperbesar hasil ternak. Atau botani, yg mempelajari tumbuhan semata karena suka, dan ilmu pertanian, untuk mendongkrak panen. Nah, Bombadil diibaratkan sebagai ilmuwan seperti itu, yg memahami segala sesuatu ttg lingkungan kecilnya, tanpa menghakimi (dia nggak mindahin atau suruh Old Man Willow tobat), dan tanpa agenda (bahkan para elf pun ingin mengubah alam sekitar mereka). 
Di samping itu, berkaitan dng kebalnya Bombadil terhadap pengaruh One Ring, Tolkien bilang bahwa untuk mengerti atau menceritakan ttg suatu bagian dr semesta, maka kita hanya fokus pada bagian itu saja, padahal di luar itu masih banyak hal lain di jagad raya ini. Begitu juga dng One Ring. Meski cincin itu benar2 punya kekuatan untuk memengaruhi bahkan wizard seperti Gandalf, tapi itu hanya sebagian kecil, bukan gambaran keseluruhan dari semesta yg ada. (Letter #153 to Peter Hastings)

Apa ini isyarat bahwa Bombadil adalah alien??? *digetok Gandalf karena kebanyakan ngayal*

1 comment:

  1. Kalau di dunia nyata, Tom Bombadil itu seperti nabi Khidir, ada, umurnya seumur semesta, tapi biasa saja. mungkin hanya pernah sekali dua kali ikut mengubah dunia, tapi alasannya hanya karena biar nama itu sampai ke telinga kita.

    ReplyDelete