Friday, June 30, 2006

Legolas-Gate: Obrolan Legolas & Gimli di Kawinan Aragorn & Arwen

by Kania Anggraeni

Suilaaad!!!
Agent K kembali lagi dengan hasil sadapannya tentang segala sepak terjang Legolas, yang dikenal dengan Legolas-gate. Kali ini Agent K berhasil menyadap obrolan Legolas dan Gimli waktu di pesta kawinan Aragorn & Arwen (ada alat perekam diumpetin di balik pot bunga,
hehehe...).
Berhubung Thranduil makin memperketat pengawasan terhadap Agent K, harap maklum kalo Legolas-gate-nya gak bisa sesuai dengan kronologi cerita LOTR lagi... Ini aja ngubek2nya susah, soalnya Thranduil memberlakukan kode2 rahasia. Tapi bukan Agen K namanya kalo gak bisa
memecahkan rahasia kode2 itu.
Enjoy!!!
====================================================

Di pesta perkawinan Aragorn & Arwen, tamu2 sedang menikmati meriahnya pesta; makan, minum dan nyanyi2. Legolas & Gimli duduk agak mojok, mengamati orang2 di pesta sambil ngobrol2. Legolas menikmati segelas wine yang khusus dikirim Adar-nya dari Mirkwood, sementara Gimli menikmati kambing guling a la Rohan.

Legolas: Eh, Gimli... enak gak, kambing gulingnya?

Gimli: Hmmm....nyam...*gulp* enak banget... lebih enak daripada kambing guling Erebor. Untung yg masak koki istana Edoras, bukan Lady Eowyn sendiri. Terus terang gue waktu itu nyobain sup buatannya, gak enak. Kayaknya dia lebih bakat berperang daripada masak... Eh! Loe dapet wine? Masih ada ya? Gue liat tadi udah mau abis...

Legolas: Iya sih... tapi gue pribadi dapet kiriman khusus dari Adar di rumah. Masih ada, banyak, di kamar gue. Ntar kalo loe mau lagi bilang aja.Gue nyicip dong, kambing gulingnya...

(Gimli nyodorin piringnya ke Legolas, yang ngambil sepotong kambing guling)
Legolas: Hmmm.... enak juga. Udah nyobain salad athelas-nya belum? Enak juga,lho, seger. Biasaaa... resepnya si Aragorn.

Gimli: Ah, dia mah, gak jauh2 dari athelas. Gak ah, gue gak gitu suka sayur. Eh,tapi tadi gue nyobain es krim a la Hobbiton enak juga. Rasanya macem2, tinggal pilih. Ada stroberi, coklat, vanilla, sampe2 rasa labu juga ada.

Legolas: He-eh, gue udah nyobain rasa blueberry. Lagian, masakan Hobbit apa sih, yang gak enak. Mereka itu kan tukang makan semua. Gue inget, waktu di Lothlorien dulu uang saku gue kiriman dari Adar abis, gara2 gue nraktir si Merry sama Pippin makan2. Adar gue ngomel2 pas
gue minta kiriman lagi. Katanya, "Adar kan udah bilang, jangan suka traktir Hobbit!!!"

Gimli: Oooh, makanya dulu itu loe nerima tawaran jadi bintang iklan lembas, ya? Buat nambah2in uang saku?

Legolas: Ya, gitu deh...

*terdengar suara MC: "Kepada Yang Mulia Lady Galadriel dan Lord Celeborn dari Lothlorien, dimohon kesediaannya untuk berfoto bersama kedua mempelai." Lady Galadriel & Lord Celeborn pun berfoto bersama kedua mempelai, Aragorn & Arwen*

Gimli: (sambil ngeliatin Galadriel dari jauh) Liat tuh, Lady Galadriel... cantik banget, ya? Hmmmmh... Ada ya, makhluk secantik dia? Padahal umurnya udah ribuan tahun...

Legolas: Hus, Gimli! Udah married tuh... sama Lord Celeborn, pula. Dia kan masih sodara sama mendiang King Thingol dari Doriath. Berarti masih sodara sama Adar gue juga. Jangan cari perkara, deh.

Gimli: Iya, tahu. Gue kan juga tahu diri. Lagian mana mungkin sih, Elf bangsawan kayak dia mau sama gue? Dikasih rambut pirangnya 3 lembar aja, gue udah seneng banget. Gue cuman nge-fans berat sama dia. Eh, Legolas...ngomong2, nih... edhelwen2 di Mirkwood ada yg
secakep Lady Galadriel gak?

Legolas: Errr... gimana ya? Kalo yg secakep Lady Galadriel mah, susah. Tapi rata2 edhelwen yah, kalo dibandingin rata2 Manusia yaaaaa, cantik2. Emang kenapa? Loe pengen cari cewek dari kalangan
Elf?

Gimli: Yaaah, gimana yah? Gue lagi mikir2 gitu, sih... Abis kayaknya gue trauma dengan sama dunia percintaan di kalangan Dwarf.

Legolas: (kening berkerut) Lho, emangnya kenapa?

Gimli: Abisnya, udahlah ceweknya dikit, yang ada pun penampilannya susah dibedain sama cowok2. Gaya berpakaiannya sama, berjenggot pula. Kan bikin pusing. Waktu itu gue udah naksir berat sama satu Dwarf di Erebor, anaknya pinter, jago ngukir batu sama bikin mailshirt dari mithril. Eeeh, ternyata dia cowok juga.

Legolas: Lah, bukannya waktu itu loe pernah bilang, kalo Dwarf cewek tuh, jenggotnya pendekan dikit dari Dwarf cowok. Kok loe bisa salah? Emang gak loe perhatiin jenggotnya?

Gimli: (menghela napas panjang)... Udaaaah, tapi ternyata waktu gue ketemu dia tuh, jenggotnya baru abis dipotong. Terpaksa dipotong gara2 kejepit pintu besi waktu lagi bikin vault baru. Dia gak cerita2, mana gue tau? Gue taunya belakangan, dari orang lain, setelah dia ngamuk2 sama gue lantaran gue sangka cewek.

Legolas: Trus, loe pertama kali tau dari mana?

Gimli: Jadi waktu itu kan gue perhatiin jenggotnya kok, makin panjang aja, trus gue bilang, "Neng, jenggotnya kok dipanjangin gitu, sih? Ntar jadi kayak cowok, lho..." Ceritanya kan gue perhatian, gitu. Eeeeh, dia langsung ngamuk2, teriak2 ke gue. Katanya, "DASAR DWARF DOGOL, GUE EMANG COWOK, TAHUUUU????!!!!" Ternyata dia sensitif banget tentang jenggotnya yang dipotong itu, yg bikin dia jadi keliatan kayak cewek. Trus gue dikejar2 seantero Erebor sambil dia ngayun2 kapaknya mau nyamber gue. Kalo gak dilerai sama Oom Bombur, gue udah jadi Gimli cincang, kali. Makanya gue trauma, Legolas....
Gue mikir2 pengen cari cewek Elf, Manusia, ato Hobbit kek, yang lebih jelas, gitu.

Legolas: (nahan ketawa, geli ngebayangin Gimli dikejar2 sama Dwarf yg marah, yg nyamber2 pake kapak). Aduh, Gimli... kok loe putus asa gitu, sih? Gagal dalam bercinta mah, soal biasaaa... Gue aja waktu SMP dulu, pernah diputusin cewek gue, gara2 waktu ngerayu gue bilang gini, "Dik, rambut kamu halus sekali, sehalus sarang laba2...". Wah, dia marah banget, lho. Langsung gue diputusin saat itu juga.

Gimli: Tapi kan, loe gak dikejar2 keliling Mirkwood pake kapak, Legolas...

Legolas: Gak sih, tapi gue sempet dilempar pake lem sarang laba2. Soalnya gue ngomong gitu di sekolah, pas lagi pelajaran prakarya. Kena rambut gue.Waduh, abis itu gue gak masuk sekolah selama seminggu, lantaran selama itu rambut gue kudu direndem di air rendeman athelas dan shampo cap Glorfindel. Abisnya lengket semua, masih untung gue gak harus dibotakin. Naneth gue ngomel2. "Makanya kalo ngomong sama cewek jangan sembarangan.... Sekarang liat akibatnya!" Biasalah, Naneth gue kan care banget soal rambut.

*terdengar suara MC: "Kepada Yang Mulia King Eomer dan Lady Eowyn dari Kerajaan Rohan, dimohon kesediaannya untuk berfoto bersama kedua mempelai." Mereka pun berfoto dengan Aragorn dan Arwen.*

Legolas: Eh, Gimli... Lady Eowyn kayaknya lucu juga, tuh. Loe gak demen ama dia?

Gimli: Loe ini udah mabok wine, ya? Loe gak liat dia dari tadi mojok mulu sama Faramir? Dia tuh udah jadian sama Faramir, tahu! Malah, katanya udah rencana mau nikah, nanti di Rohan sekalian nganterin jenazah King Theoden.

Legolas: Wah, kita bakalan pesta2 lagi, dong.... Gue telepon Adar, ah. Kali2 dia mau ngirim wine lagi ke Rohan. Merry-making rasanya kurang afdol kalo tanpa wine. Yang jelas sih, kayaknya bakalan banyak kambing guling, nih. Sama bakalan ada drinking game lagi kayak waktu itu... Asyiiik!!!!

Gimli: Dasar loe, wood-elf Mirkwood! Pikirannya gak jauh2 dari merry-making!

Legolas: Hehehe..... loe kayak gak tau gue aja. Pokoknya di mana ada merry-making di situ ada gue. Eh... tapi balik ke soal cinta2an tadi, loe yakin mau cari cewek non-Dwarf? Percintaan cross-kindred tuh, banyak halangannya, lho. Liat aja tuh, Aragorn sama Mpok Arwen.
Tadinya kan,Wak Elrond sempet gak setuju... bete banget, sampe2 nama panggilannya Aragorn, Estel, diganti jadi Es Teler.

Gimli: Tapi toh mereka kan, akhirnya jadi juga. Cuman, kan si Aragorn itu Mortal, Arwen kan gak biasa liat orang mati.... trus sekarang malah ikutan jadi Mortal. Gak bisa ke Tol Eressea lagi. Apa ntar gak jadi masalah, tuh?

Legolas: Itulah.... Yah, kita doa-in aja biar semua berjalan lancar. Gue nih,ngomong gini berdasarkan pengalaman pribadi, soalnya. Kan gue dulu sempet pacaran sama cewek Manusia, asal Laketown. Dia tuh, anak saudagar, tukang kredit yang suka jualan barang2 ke Mirkwood. Anaknya cakep deh... Dia belajar memanah sama gue, terus ya.... gitu deh.

Gimli: Oh ya? Terus, gimana?

Legolas: Ya, gitu deh... baru sepuluh taun pacaran, dia udah minta dilamar. Gue bilang, gue belum siap married. Gue mau nyelesai-in kuliah gue di MIA (Mirkwood Institute of Archery – Agent K) dulu. Langsung gue diputusin. Katanya, kalo nungguin gue selesai kuliah dulu, dia keburu mati. Iya juga sih, lha wong gue kuliahnya 100 tahun. Itu juga gue termasuk cepet lulusnya. Walhasil dia akhirnya nikah sama anak saudagar juga.

Gimli: Trus, sekarang dia di mana?

Legolas :Ya udah meninggal, Itu kan kejadiannya 200 tahun yg lalu, pas gue SMA.Tapi kita tetep temenan kok, Sekarang aja, gue kenal sama cicitnya segala. Udah pada jadi saudagar semua. Gue sempet bantuin mereka abis Battle of Five Armies dulu itu. Loe tau kan, yang bokap
loe ikut berperang juga. Si Bilbo juga....

Gimli: Iya tuh, bokap gue suka cerita2 Battle of Five Armies. Gue juga kan, tadinya mau ikut Thorin cs dalam rangka ekspedisi ke Erebor. Tapi bokap gue gak ngasih... katanya kalo loe belum 70 tahun, belum boleh ikut2an ekspedisi berbahaya. Huh, gue gemes banget, umur
gue waktu itu cuma kurang 3 taun lagi.

Legolas: Yah, bokap2 emang suka gitu. Loe tahu kan, Adar gue sebenernya gak suka gue ikut2 Fellowship. Tapi apa daya, udah dipilih sama Wak Elrond. Waktu Battle of Five Armies juga, tadinya gue gak boleh ikut perang. Tapi gue nekat, gue pergi ke dosen gue di MIA, bilang kalo gue mau ikut perang, supaya mempercepat kelulusan gue.
Soalnya kan, kalo gak gue harus ikut Simulasi Perang 1, 2, 3,... repot bener. Mumpung ada perang beneran, mendingan langsung. Adar akhirnya terpaksa ngasih, walaupun gontok2an dulu sama Naneth.

Gimli: Yah, sayang dulu gue gak ikut, Kalo gak kan, bisa ketemu loe. Tapi peraturan di kalangan Dwarf emang ketat... Kalo belum 70 tahun ya, gak bisa ikut ekspedisi. Tapi gara2 ikut Battle of Five Armies itu kan, loe jadilulus cum-laude?

Legolas: He-eh. Sebenernya waktu itu gue gambling juga, sih. Abis, kalo di perang itu gue mati, terus pergi ke Hall of Mandos, kalo sama Mandos di-kasih badan baru dan gue hidup lagi, artinya transkrip nilai2 kuliah gue di kehidupan sebelumnya gak laku lagi, Yang berlaku cuman ijazah dari TK sampe SMA. Kuliah harus mulai dari tingkat satu lagi, termasuk perploncoan-nya. Gue sebenernya males kalo sampe diplonco sama anak2 yg sebenernya angkatannya di bawah gue. Tapi... tau tuh, waktu itu gue PD aja. Untung berhasil.

Gimli: Oh, gitu? Tapi Glorfindel kan jg sempet mati, di-idupin lagi sama Mandos... Kok dia gak kuliah lagi?

Legolas: Dia kan emang udah lulus dari dulunya. Lagian peraturan jaman dia beda kali, sama jaman gue. Eh, gimana nih... masih mau nyari cewek Elf?

Gimli: Tau ah... sebenernya juga gue gak buru2 banget, kok. Mungkin gue kepengaruhan juga, lantaran dari tadi di kawinan ini gue ditanya mulu, "Kapan nyusul Aragorn, nih?" Gue bete juga lama2.

Legolas: Aaaaah, itu mah biasa. Masih untung kan, mereka gak nanya, "Kapan nyusul King Theoden, nih?" Ato, "Kapan nyusul Boromir, nih?" Tapi kalo di kalangan Elf, pertanyaan "Kapan nyusul" bisa juga artinya kapan nyusul ke Tol Eressea. Biasa, kalo ada yang udah mau berlayar ke Tol Eressea kan sebelumnya suka ngadain selamatan dulu, trus kalo dateng ke selamatan, yang punya acara suka basa-basi ke tamunya, "Kapan nyusul, nih?" gitu. Tapi gue sih, masih lama, kali. Gue kan udah janji sama Aragorn mau boyongan ke Ithilien, bantu2in Gondor sama Rohan.

Gimli: Iya, gue juga mau pindahan ke Aglarond, Glittering Caves.
Gue juga mau bantu2 membangun Gondor sama Rohan. Lagipula udah saatnya gue punya realm sendiri. Eh, maksud loe masih lama tadi, married ato ke Tol Eressea?

Legolas: Dua2nya. Kalo bisa, malah gue married di Tol Eressea aja. Makin banyak aja Elf yg ke sana, Berarti di sana banyak pilihan...
Hehehe... Tapi gue denger2 Wak Elrond gak lama lagi mau berangkat ke sana. Kayaknya dia gak betah juga lama2 ditinggal Wak Celebrian.
Lagian, dia kayaknya mau nebeng Eyang Galadriel dan Celeborn, biar dibayarin kali, naik kapalnya... hehehe.... 


(Legolas nyengir dan melambaikan tangan ke arah Elrond yg menatap curiga, "Nih anak ngapain cengar-cengir sambil ngeliatin gue? Ngomongin gue kali...")
.
*terdengar suara MC: "Kepada rekan2 dari Fellowship of The Ring, mohon kiranya untuk maju ke pelaminan untuk berfoto bersama ke dua mempelai". Merry sama Pippin yg lagi nyanyi2 drinking songs a la Shire langsung berhenti nyanyi, sambil lari ke pelaminan, sambil
teriak "Pokoknya Hobbit2 di depaaaan!!" *

Gimli: Eh, Legolas! Kita dipanggil, tuh.... Foto2 katanya... Hayo, jangan sampe keduluan para Hobbit. Gimana, jenggot gue rapi gak?

Legolas: Rapih sih, tapi apus dulu itu kecap bekas kambing guling dari kumis loe.(Gimli buru2 ngehapus kecap yang nangkring di kumisnya). Mahkota gue gak miring, kan? Huh, Wak Elrond sih, nyuruh2 gue pake mahkota segala. Padahal kan gue biasa modal kepangan doang, rapi jali. Mana disuruh pake robe warna silver yang menyapu lantai gini, lagi. Kan susah kalo mau manjat pohon...

(Legolas ditarik oleh Gimli, Frodo dan Sam , "Ayo dong, cepetan, Legolaaaas". Gandalf udah duluan sampe ke pelaminan, dan nyaris terjerembab kesandung jubah sendiri. Untung sempet ditangkep Elrond. Aragorn dan Arwen cengar-cengir sumringah di pelaminan. Dan mereka
pun berfoto bersama....)

=========================================================

Yah, begitulah Legolas-gate kali ini... Nantikan (dengan sabar, berhubung tingkat kesulitan dan bahayanya tinggi, hehehe....) hasil2 sadapan Agent K yang lain, yang dijamin bisa membuka mata kita semua tentang kehidupan sehari2 Legolas (kayak infotainment MESRA-nya Agent
I, nih...)

Agent K / Niph


No comments:

Post a Comment