Friday, June 23, 2006

Prequel to Legolas-Gate



oleh Kania Niphredil


Suilad, Mellyn semua!

Setelah lama tak terdengar beritanya, akhirnya agent K berhasil mendapatkan sadapan baru tentang Legolas. Bukan terusan Legolas-gate yg dulu itu, tapi prequelnya. Info rahasia ini menceritakan apa yang terjadi waktu Legolas baru nyampe di Rivendell sebelum Council of Elrond. Tapi... yg nerjemahin dari bhs Sindarin kayaknya kebanyakan nonton Bajaj Bajuri, jadi transkrip-nya rada2 Betawi geto loh...

Enjoy!

===================================================

Sehari sebelum Council of Elrond, Legolas tiba di Rivendell dengan membawa oleh2 dari Mirkwood untuk Uwak Elrond sekeluarga. Waktu itu Elrond sedang duduk2, bersantai ria di teras, minum kopi and menikmati penganan (goreng2an) sambil kipas2.


Legolas: Wak, mae govannen, wak...

Elrond: Eh, si Legolas... Iye, iye... mae govannen. Baru nyampe, nih?

Legolas: Iya, wak...

Elrond: Sendirian aje, lu? Adar ama Naneth lu gak ikut?

Legolas: Sendirian, wak... Adar ama Naneth lagi pada repot. Jadi aye yang diutus Adar buat ngasih laporan di rapat besok.

Elrond: Oh, gitu.... tapi Adar ama Naneth lu baek2 aja kan?

Legolas: Baek, wak.... Oh iya... ini ada titipan oleh2 dari Adar. Buah berry, sama wine.

Elrond: Waduh.... repot2 segala. Arweeen! (manggil Arwen yg lagi mojok sama Aragorn di jembatan, Arwen buru2 dateng).

Arwen: (tergopoh-gopoh) Ada... tadi manggil?

Elrond: Iye, ini adek lu Legolas dateng bawa oleh2 buah berry Mirkwood kesukaan lu.... bawa masuk gih. Trus sediain minum nih... kasian adek lu udah dateng jauh2 dari Mirkwood, masak dianggurin aje. Jangan cume si Es Teler yg lu urusin.

Arwen:(rada manyun) Aragorn panggilannya Estel, Ada, bukan Es Teler.... Ada sendiri yg ngasih itu panggilan. (Elrond sok cuek, Arwen berpaling ke Legolas) Mau minum apa, nih, Legolas?

Legolas: Apa aja deh, Mpok, yg gak ngerepotin....

Arwen: Teh athelas mau ya? Kemaren Aragorn waktu dateng bawa oleh2 teh athelas... Enak lho, bagus buat menyegarkan badan yg capek.

Legolas: Boleh, Mpok...

Arwen: Ya udah... lu duduk deh... Ada ini gimana, masak Legolas belum disuruh duduk? Oh iya, itu sekalian ada ubi rebus di meja, enak manis...kemaren dibawain oleh2 sama rombongan Dwarf yang mau ikut rapat. Lu ambil aja kalo mau, jangan malu2...(terus langsung masuk sambil bawa oleh2 Legolas)

Legolas:(sambil duduk dan ngambil ubi rebus) Iye, Mpok, hannon le... Ubi rebus, Wak?

Elrond: Iye, iye... silakan ambil aja...Gue udah kok. Mpok lu si Arwen itu kalo ada pacarnya emang rada susah di cari . Mojok mulu, bawaannya. Pacaran baru berapa puluh taun, eh.... si Es Teler udah mau ngelamar aja. Apa gak kecepetan, tuh...

Legolas: (salah tingkah, karena gak enak ati ngomongin urusan orang, selain juga tidak tertarik pada topiknya) Yah.... gimana ya, Wak...Aragorn kan mortal, biar kata umurnya lebih panjang daripada manusia2 umumnya, tetep aja gak ada waktu buat pacaran lama2. Maklum aja, Wak.... Er... ubi rebusnya lagi ya, Wak?

Elrond:Demi Eru... lu laper, ye? Makan kayak Hobbit gitu. Ya udah, lu ambil lagi, dah....Ngomong2 , gue denger lu udah lulus dari MIA (Mirkwood Institute of Archery)?

Legolas: ng.... (buru2 nelen ubi rebus)... iye, Wak, Alhamdulillah, aye udah lulus.

Elrond: Cum laude lagi ya, kalo gue kagak salah.?

Legolas: (Cengengesan, kege-eran) Iye, Wak, cum laude....

Elrond: Hebat, lu... Gitu dong. Adar lu udah kuatir aja kalo lu cuma miara laba2 doang bisanya.

Legolas:Ah, Uwak, ada2 aja.... aye kan gak cuma mikir laba2 doang. Gini2 aye ketua EFC (Ents Fans Club) cabang Mirkwood, lho Wak.

(Catatan agent K: ternyata Legolas ada bakat memimpin juga. Setelah War of The Ring, Legolas selain jadi ketua rombongan Elf yg boyongan ke Ithilien juga mengetuai PPED alias Perhimpunan Persahabatan Elf- Dwarf cabang Ithilien, sementara Gimli jadi ketua cabang Aglarond, alias Glittering Caves)

Elrond: (manggut2) Iya, ya....emang anak2 muda kayak lu kudu belajar berorganisasi, biar terasah jiwa kepemimpinannya. Apalagi lu ntar bakal ngegantiin Adar lu jadi Elven-king. Gak terasa ya.... lu udah gede sekarang. Umur lu 500 taun ada?

Legolas: Ada sih, Wak, aye rasa2nya udah 500 kali ngerasain musim gugur di Mirkwood.

Elrond: Lho kok rasa2nya?

Legolas: Yah, Uwak... kayak gak tau Elf Mirkwood aje. Mana ada yg inget ulang taun di sana? Aye tanya Adar, katanya pas aye lahir malem sebelumnya ada merry-making. Lah, pan Uwak tau sendiri, di Mirkwood hampir tiap hari merry-making. Lagian kata Adar ngapain repot2 nyatet ulang taun, kalo cuma mau dirayain pake merry-making mah, gak usah pake alesan, langsung adain aja.

Elrond: (geleng2 kepala sambil mikir, "dasar anak gede di Mirkwood, biar kate cetakannya Sindarin tetep aja isinya Mirkwood".) Ngomong2 soal laba2... itu Mpok lu si Arwen kepengen beli laba2 baru. Laba2 Mini (untuk ukuran jaman itu termasuk Mini, lantaran gak segede laba2 Mirkwood, cuma segede Tarantula jaman kita – Agent K) termasuk ras murni gak sih? Kalo gak, dia gak mau katanya.. Kemaren ada yg nawarin dari Lothlorien.

Legolas: Ras murni kok, Wak... emang bukan hewan asli Mirkwood, kayaknya sih dari luar Middle-earth, di-impor. Makanya rada mahal.... Emang kalo edhelwen2 (cewek2 Elf) suka laba2 model gitu. Imut, katanya. Tapi ngomong2, emang laba2 Mpok Arwen yg dulu, si Puffy, kemane Wak? Belum mati kan? Masih muda gitu....

Elrond: Lah, pan kemaren dibawa Uwak lu Gilraen ke Tol Eressea. Dia ngotot mau bawa, biar kata Uwak bilangin gak usah, ntar repot di jalan kena aer laut, masuk angin lagi... kan repot tuh, kalo laba2 udah masuk angin. Dikasih obat jadinya mabok, bikin berantakan dah... Tapi dia bilang mau bawa kandang kedap aer, ya udah.... terserah deh. Pokoknya udah gue bilangin.

(Arwen dateng bawa teh athelas buat Legolas)

Elrond: Lama bener lu, di dalem.... ngobrol sama si Es Teler ya? Timbang bikin teh doang....

Arwen: Yeee... Ada, kok gitu. Teh athelas kan nyeduhnya gak boleh sembarangan, kata Aragorn. Salah suhu aer atau takaran ntar si Legolas malah jadi "fly". Ada kan kemaren nekat nyeduh sendiri malah jadi langsung pules.... tidur berhari2, sampe si Frodo sakit di hutan aja musti Glorfindel yg jemput. Untung pas Frodo nyampe, Adar udah bangun jadi bisa diobatin. Kalo gak mati dah itu anak Hobbit.

Legolas: Frodo? Frodo bukannya nama sodaranya si Bilbo, Hobbit yg sempet nyasar ke Mirkwood dulu itu? Yang ngebantuin rombongan Dwarf kabur dari istana Adar? Bukan si Bilbo-nya sekarang tinggal di sini? Lagi ada yg nengokin, ya?

Elrond: Iye, si Bilbo emang sekarang lagi nginep di sini. Dia udah sepuh, sekarang. Katanya sih pengen pensium di sini. Tapi Frodo ke sini bukan dalam rangka jenguk si Bilbo. Ada urusan penting, besok juga diomongin di rapat.

Arwen: Oh iya, Legolas... nanti malem jangan lupa dateng ke acara makan2 ya. Sebelum rapat besok ceritanya Ada mau bikin acara ramah tamah biar yg ikut rapat besok bisa saling bersilaturahmi. Sekalian acara syukuran sembuhnya Frodo, kan waktu dateng ke sini dia sakit tuh, trus diobatin Ada.

Legolas: (setelah nyeruput teh athelas) Oh, gitu? Wah kalo ada cara makan2 pasti Legolas dateng, deh. Kan Mpok Arwen tau, Legolas tuh hobby banget merry making.Wine oleh2 dari Adar disediain juga kan, Wak?

Elrond: Lu dasar anak Mirkwood, pikirannye kagak jauh dari merry making sama wine, ye? Pake baju yang rapi lu nanti pas makan2 sama rapat, jangan pake baju buat jalan gak keruan kayak gini... gak pantes, tau! Lu bawa jubah resmi lu gak?

Legolas: Bawa dong, Wak. Naneth kan udah berkoar2 nyuruh Legolas bawa jubah resmi. Naneth sendiri yg jahit lho, Mpok Arwen. Masih bagus, biar kata Legolas terakhir pake itu jubah kira2 50 tahun yang lalu, waktu Uwak Elrond dateng ke Mirkwood. Inget gak Wak, yang warna coklat muda itu lho. Warna krem.

Elrond: Demi Elbereth, Legolas...emang baju lu kagak ada yg warna lain ape, selain coklat ame ijo? Sampe ke jubah resmi lu juga coklat? Sementara si Arwen bajunya udah segala macem warna gitu.Tiap si Es Teler dateng dia bikin baju baru. Ya udah deh.... mahkota lu dibawa, kan?

Legolas: Wah, enggak tuh, Wak...bukannya gak perlu? Emang ada yang mau naik pangkat, atau ada tamu Raja? Atau ada yg mau dinobatin jadi Raja? Aragorn mau jadi Raja sekarang, ya?

Elrond: Ya enggak sekarang, dong, Legolas... Lu tuh beneran udah lulus belon sih? Kita pan di Rivendell, bukan di Gondor.Ntar kalo Sauron udah kalah –itu juga kalo kalah- baru dia jadi Raja dan boleh nikah ame Mpok lu.

Legolas: Ya udah kalo gitu, Wak. Legolas pake mahkotanya ntar aja pas Aragorn jadi Raja dan nikah ama Mpok Arwen. Lagian Legolas kan udah ngepang rambut ini, jadinya gak berantakan. Kalo rapat kan yg penting rapi, kata Adar.

Elrond: (putus asa ngadepin kecuekan Legolas) Ape lu kate, deh! Yang penting lu pake itu jubah, mau coklat kek, mau pink kek. Lu liat kagak, gue sehari2 aja pake jubah... Adar lu tiap hari pake mahkota, biarpun mahkota buah berry juga.

Legolas: Iya, Wak... tapi giliran itu buah berry ada semutnya dia jadi repot, garuk2 kepala mulu. Belum kalo sodara2 sepupu Legolas si Mirion sama Elbarad lagi kumat bandelnya, suka nyolongin buah berry dari mahkota Adar. Wah, Adar langsung ngamuk2. Naneth sampe bete, katanya kapan sih Adar mau pake mahkota yg bener? Tapi Adar bilang sayang, kalo sehari2 pake mahkota emas. Jadi lebih praktis di kepang kayak Legolas kan, Wak, Mpok? (Arwen dan Elrond bengong ngedengerin celotehan Legolas)

Elrond: Ya udah deh, lu masuk dulu sana. Kamar lu udah disiapin tuh. Sesuai selera lu, yang pas depan jendelanya ade pu'un beech. Jadi kalo lu bosen, lu panjat deh itu pu'un. Istirahat dulu sana, jangan lupa mandi ya, sebelum acara ntar malem. Ngomong2 kuda lu udah disimpen di kandang, kan? Jangan lu lepas di kebon, kayak waktu dulu lu dateng ke sini. Abis bunga2 Mpok lu dimakanin. Itu kuda ape kelinci sih? Semua dimakan. Inget, ini bukan Mirkwood, kalo disana lu tinggal bersiul doang, dateng deh itu kuda dari hutan. Kalo disini kuda kudu lu kandangin...

Legolas: Oh, udah kok, Wak udah dikandangin. Kuda yang kemaren emang tukang makan apa aja, kayak kelinci. Makanya namanya Bunny. Ya udah deh, Wak, aye permisi masuk dulu ya, tapi kamarnya yang sebelah mana nih, Mpok?

Arwen: Lu tau si Lindir, kan? Pan lu akrab banget sama dia, kalo urusan nyanyi menyanyi. Dia ada di belakang, tuh. Lu tanya deh, sama dia kamar lu di mana.Kemaren dia yang disuruh nyiapin. Handuk sama sabun juga udah ada. Lu mau teh athelas buat di kamar gak? Ntar gue suruh anterin.

Legolas: Boleh, Mpok... Yuk ah, Wak, aye masuk dulu. Permisi, Wak...

Elrond: Iye...masuk gih. Jangan lupa telpon Adar lu kalo lu udah nyampe. Ntar dia blingsatan kalo gak dapet kabar. Kayak gak tau Adar lu aja...

Legolas: Iya Wak, nanti aye telepon. Hannon le ya, Wak, Mpok, ubi rebus sama teh athelasnya enak banget.

(Legolas pun masuk ke kamarnya. Arwen dan Elrond berpandangan sambil geleng2 kepala. Ya ampuuun... itu anak beneran elven prince apa bukan, sih?)

=====================================================================

End of transcript. Sekian dulu hasil sadapan dari Agent K. Semoga informasi ini berguna bagi warga Middle-earth. :-)

Niph alias Agent K

3 comments:

  1. Asli kocak, menghibur! Ketawa-ketiwi sendiri di kantor gara2 baca ini. Bikin lagi dong Kak Niphy, hehehe^^

    ReplyDelete
  2. Omygod lucu banget!

    ReplyDelete
  3. sumpeh ceritanya lucu banget.
    keren, lanjutin dong kak :D

    ReplyDelete